Advocacy and Horizontal Learning (AHL) - STBM Tahun 2016

"STBM Kunci Menuju Akses Sanitasi Universal Indonesia tahun 2019"

Kegiatan AHL merupakan wadah untuk advokasi sekaligus pembelajaran antar kepala daerah dalam upaya mengoptimalkan penyediaan layanan dasar, khususnya pada pembangunan sektor sanitasi yang layak demi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pertemuan ini secara khusus akan mengangkat tema 'Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Kunci keberhasilan Universal Access Sanitasi 2019' dimana pendekatan STBM ini layak sebagai upaya promotif dan preventif kesehatan untuk menuju Indonesia Bebas Buang Air Besar Sembarangan di tahun 2019. Bersamaan dengan ini akan diluncurkan applikasi STBM-SMART yang merupakan inovasi yang dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan dan Water and Sanitation Program (WSP) – The World Bank untuk mengoptimalisasi sistem pelaporan program STBM melalui smartphone secara Nasional.

Turut hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini antara lain, Ibu Menteri Kesehatan RI, Gubernur Jawa Tengah, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Gubernur Sumatera Barat, Gubernur Gorontalo, dan Bupati Grobogan. Acara ini akan dilakukan pada tanggal 30 Mei 2016, bertempat di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Selain kegiatan AHL-STBM, juga terdapat. kunjungan lapangan dan deklarasi Open Defecation Free (ODF) di Desa Pulokulon sebagai wujud keberhasilan praktek implementasi pendekatan STBM di Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan akan diadakan pada tanggal 31 Mei 2016, dan juga dihadiri oleh Ibu Menteri Kesehatan RI.