Editorial

Monitoring adalah proses rutin pengumpulan data dan pengukuran kemajuan atas objektif program, seperti memantau perubahan yang fokus pada proses dan keluaran. Monitoring menyediakan data dasar untuk menjawab permasalahan, sedangkan evaluasi adalah memposisikan data-data tersebut agar dapat digunakan dan diharapkan bisa memberi nilai tambah.(selanjutnya)

Pojok Sanitasi

1  2  3  
  • Kabupaten Brebes Aktif Lakukan Sistem Monev Berbasis Web dan SMS

    Sebagai salah satu kabupaten yang merupakan perwakilan Jawa Tengah untuk "lesson learn", komitmen Kabupaten Brebes dalam melakukan monev berbasis web dan SMS tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, berdasarkan prosentase para petugas/sanitarian yang melakukan update data dengan SMS, Kabupaten Brebes telah mencapai angka 97%. Hal tersebut menujukkan bahwa sebagaian besar sanitarian di kabupaten ini aktif melakukan sistem monev berbasis SMS.

  • TOT Nasional Monev STBM, Bantu Siapkan Para Trainer Handal Untuk Sistem Monev Berbasis Web dan SMS

    Pada beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 5 - 9 Mei 2014, Kementerian Kesehatan yang didukung oleh WSP-World Bank menggelar acara TOT (Training On Trainer) yang diadakan pada Hotel Novotel, Balikpapan, Kalimantan Timur. Acara yang diikuti oleh 16 provinsi di Indonesia seperti Provinsi Papua, Sumatera Barat, Sulawesi Utara, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Bangka Belitung dan Jambi ini dibuka oleh Direktur Penyehatan Lingkungan, Kementerian Kesehatan, drh. Wilfried H. Purba.

  • Update Data STBM Jadi Lebih Mudah Dengan Monev Berbasis Web dan SMS

    Hingga saat ini data masih menjadi salah satu hal penting dalam suatu program. Sebab, melalui data perkembangan suatu program dapat terukur dengan jelas dan akurat. Berangkat dari itu pada beberapa waktu lalu, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur baru saja mengadakan pertemuan sanitarian dalam rangka penguatan sistem monitoring dan evaluasi berbasis website dan SMS Gateway untuk program STBM.

  • Peran Penting Petugas Sanitasi Dalam Sistem Monev STBM

    Sejumlah orang masih beranggapan bahwa monitoring dan evaluasi adalah kegiatan yang sulit dilakukan. Salah satu penyebab ialah kesulitan dalam melakukan pengumpulan data karena membutuhkan waktu lama dan biasanya disertai tidak adanya feedback dari pelaku program. Anggapan tersebut tentu sangat disayangkan, karena seperti diketahui monitoring dan evaluasi merupakan kegiatan penting dalam sebuah program. Sebab, melalui dua kegiatan tersebut keefektifan suatu program dapat dilihat.

  • Jejak Rekam Pengembangan Sistem Monev STBM

    Saat ini STBM untuk pilar-1 yakni indikator stop BABS-nya telah memiliki sistem monitoring berbasis web dan SMS. Sistem ini diharapkan dapat menjembatani kebutuhan data yang up to date, isinya sama di semua level, dan dapat diakses oleh setiap orang yang memerlukannya. Semoga sistem monitoring STBM berbasis web dan SMS ini dapat berjalan dengan baik, berkesinambungan, dan berdaya guna bagi pemerintah daerah khususnya, maupun pemerintah pusat dan khalayak ramai AMPL-ers.

  • Selamat Iedul Fitri, 1 Syawal 1435 Hijriah...

    Andai jemari, tak sempat berjabat . . . . . . . Jika raga, tak bisa bersua . . . . . Bila ada kata, membekas luka. . . . . Semoga.... pintu maaf masih terbuka...

Grafik Capaian Desa ODF

Pengiriman Data Teraktif

Publikasi